Cara untuk meningkatkan Kreativitas Anda

Category: Improvement Comments: No comments

Kreativitas adalah kualitas yang kita semua terkubur di dalam diri kita, dengan satu atau lain cara. Ini melibatkan penemuan sesuatu yang baru atau penemuan kembali sesuatu yang sudah ada untuk menjadikannya menarik.

Beberapa kemampuan kreatif orang lebih dekat ke permukaan dan orang dapat dengan mudah melihat manifestasi dari mereka. Orang mengatakan bahwa kreativitas mereka adalah “bawaan”. Bagi yang lain, mengekspresikan kreativitas membutuhkan lebih banyak waktu dan kultivasi. Yang penting untuk diperhatikan adalah kita semua bisa kreatif. Anda hanya perlu mengambil langkah untuk mengekstraknya dari dalam diri Anda. Coba yang berikut ini:


1. Ubah perspektif Anda.

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan ‘Berpikir di luar kotak’. Anda harus mencoba melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda. Ubah perspektif Anda. Pertimbangkan semua faktor yang dipengaruhi oleh masalah atau kekhawatiran Anda. Cobalah untuk memecah masalah menjadi beberapa elemen kemudian mengocoknya. Pikirkan apa yang akan terjadi jika sebuah ide diganti. Aspek ini penting dalam meningkatkan kreativitas karena membantu Anda menghilangkan fiksasi yang mungkin menghambat kreativitas.

2. Minggir secara mental dari lokasi Anda saat ini.

Bayangkan bagaimana orang lain akan bereaksi jika mengalami situasi yang sama. Bayangkan bagaimana berbagai situasi akan berlanjut ketika berhadapan dengan masalah yang sama. Aplikasi dalam pengaturan yang berbeda juga bisa dilakukan; dan kemudian dari sana, sesuaikan solusi dengan pengaturan saat ini.

3. Biarkan imajinasi Anda menjadi liar.

Latih imajinasi Anda. Modifikasi dapat memicu kreativitas karena Anda melihat sesuatu dengan cara yang berbeda. Anda juga dapat mencoba membesar-besarkan atau memikirkan yang ekstrem, baik itu pembesaran atau meminimalkan sesuatu. Memikirkan kemungkinan perbedaan antara kedua situasi ini dapat menghasilkan gagasan. Ini adalah latihan otak terbaik.

4. Tempat nyaman Anda.

Lingkungan harus benar. Anda harus memiliki tempat Anda dapat fokus tanpa terganggu sehingga Anda dapat memberikan masalah perhatian penuh Anda. Ini harus diperluas ke orang-orang yang bersama Anda. Anda cenderung melakukan sesuatu dengan lebih baik ketika Anda bersama orang-orang yang berpikiran sama. Sederhananya, bergaul dengan orang-orang kreatif untuk membantu meningkatkan kemampuan kreatif Anda.

Sebagian besar waktu, orang cenderung lebih kreatif ketika mereka bersama orang-orang yang melakukan hal yang sama. Ditemukan juga bahwa jika Anda ingin lebih kreatif, Anda harus mencoba bergaul dengan orang-orang kreatif.

5. Waktu, waktu, waktu.

Anda tidak dapat terburu-buru kreativitas. Bergegas tidak membantu dalam arus ide. Pikiran Anda cenderung mengalami sedikit kekacauan ketika Anda mencoba untuk memaksakan sesuatu. Studi menunjukkan bahwa hasil yang dihasilkan di negara bagian ini umumnya kurang. Jika Anda kekurangan waktu, maka simpanlah daftar kegiatan seperti ini di dekat Anda. Pergi ke setiap kegiatan dan latihan masing-masing. Beri waktu.


6. Dapatkan bantuan … komunikasikan ide-ide Anda kepada orang lain.

Pandangan berbeda tentang masalah bisa membantu. Lebih baik lagi, banyak pandangan berbeda! Jangan pernah malu untuk bertanya. Keragaman sangat membantu dalam kaitannya dengan kreativitas. Atur sesi curah pendapat. Generasi spontan ide-ide baru membantu dalam merumuskan lebih banyak ide. Produk-produk brainstorming dapat menjadi bahan baku dalam membangun ide.

Ingatlah bahwa dalam brainstorming, 4 aturan dipatuhi agar berhasil:
– Seharusnya tidak ada kritik. Kritik menghambat aliran ide yang bebas. Ini dapat ditunda hingga sesi berakhir.
– Menggabungkan dan / atau memodifikasi ide didorong.
– Kuantitas lebih disukai daripada kualitas dalam brainstorming.
– Gagasan aneh atau aneh didorong.


Ini hanya beberapa ide untuk membuat jus kreatif Anda berjalan. Mereka dapat disesuaikan agar sesuai dengan masing-masing individu. Sebagian besar terserah Anda. Seberapa inventif Anda? Seberapa terbuka Anda? Hapus batasan dari pikiran Anda dan Anda akan menemukan kreativitas Anda akan meningkat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>